Tips Memilih Peluang Bisnis Online

tips memilih peluang bisnis onlineBisnis online benar-benar menjadi primadona di Indonesia saat ini. Banyaknya bermunculan kelas menengah di negeri ini juga salah satunya disebabkan seiring banyak lahirnya pebisnis-pebisnis baru yang memfokuskan usahanya menggunakan media internet. Penggunaan media internet terbukti efektif dalam mendongkrak bisnis, terutama dalam aspek promosi dan penjualan. Sebagai catatan, berdasarkan riset yang dilakukan oleh Markplus pada November 2012, pengguna internet di Indonesia telah mencapai angka 61 juta orang dan diperkirakan akan terus meningkat di tahun-tahun berikutnya.

Memilih Ide Bisnis Online

Angka 61 juta orang pengguna internet di Indonesia merupakan angka yang fantastis. Dapat dikatakan bahwa sekitar ¼ penduduk Indonesia adalah pengguna internet. Bila dilihat dari aspek bisnis, angka sebesar itu adalah peluang teramat besar yang terlalu sayang untuk diabaikan begitu saja. 61 juta orang adalah pangsa pasar yang sangat besar untuk ditaklukan dan ini menjadi tantangan tersendiri untuk para pebisnis online. Pertanyaannya, ide bisnis online apakah yang dapat dioptimalkan untuk memenangkan pasar yang besar ini?

Berikut beberapa tips untuk memilih ide bisnis online yang mungkin dapat anda manfaatkan.

  1. Definisikan Market

Market atau pasar dalam bisnis online memiliki karakteristik yang unik. Memilih ceruk pasar yang tepat menjadi faktor penentu kelanggengan bisnis online yang akan kita jalankan. Sebenarnya, semua pengguna internet di Indonesia adalah target pasar untuk bisnis online, hanya saja tentunya lebih baik bila kita bisa fokus menggarap pasar yang tepat dengan memberikan produk/jasa yang tepat juga untuk mereka. Semakin jelas target pasar yang kita bidik akan semakin baik untuk kita dalam menggarapnya. Menurut beberapa sumber, wanita adalah ceruk pasar paling potensial untuk diseriusi dalam menjalankan bisnis online. Variasi produk/jasa yang dapat kita tawarkan pun lebih banyak. Contoh ceruk pasar lain yang potensial untuk digarap adalah komunitas karena komunitas biasanya memiliki kesamaan minimal dalam satu hal seperti hobi.

  1. Tentukan Produk

Setelah kita mendefinisikan market atau pasar yang akan kita garap, langkah selanjutnya dalam memilih ide bisnis online adalah menentukan produk yang akan kita tawarkan. Kita harus bisa mengidentifikasi apa produk yang kiranya dibutuhkan atau diinginkan oleh target pasar kita. Misal bila kita ingin menggarap pasar wanita, kira-kira apa produk yang dibutuhkan atau diinginkan mereka. Bila kita bisa mengetahui atau setidaknya memprediksi kebutuhan atau keinginan mereka, maka tugas kita selanjutnya bagaimana caranya menghadirkan produk yang mereka butuhkan ke hadapan mereka. Apakah produk tersebut merupakan produk kita sendiri atau produk milik orang lain (dengan kata lain kita berperan sebagai reseller). Bila produk tersebut bukan milik kita, apakah kita sudah pastikan mendapat supplier terbaik, baik untuk urusan harga, ketersediaan produk, maupun kualitas layanan.

  1. Tentukan Media Promosi

Langkah ketiga yang harus dilakukan adalah menentukan media yang akan kita gunakan sebagai alat promosi bisnis online yang kita jalankan. Terdapat beberapa media online yang dapat anda manfaatkan sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis online yang anda lakoni antara lain: website/toko online, blog gratisan (wordpress, blogspot, dll), social media (facebook, instagram, twitter, path, dll), marketplace (tokobagus, berniaga, tokopedia, dll), forum online (kaskus, kompas, viva, dll), dan lain sebagainya. Tidak ada cara khusus untuk mengetahui media mana yang lebih efektif selain dengan mencobanya.

Contoh Kasus Memilih Ide Bisnis Online yang Tepat

Di penghujung postingan kali ini saya akan memberikan contoh kasus pemilihan ide bisnis online berdasarkan kasus nyata (saya sendiri).

Langkah pertama, dalam menentukan market atau pasar yang akan saya garap, saya berpatokan pada ceruk pasar paling potensial di Indonesia adalah women, youth, dan netizen (internet citizen). Dalam hal ini maka saya menentukan pasar yang akan saya fokus garap adalah wanita muda, dengan kisaran usia 18-40 tahun.

Langkah kedua, setelah saya tentukan pasar yang akan saya garap, selanjutnya saya tentukan produk yang akan saya tawarkan. Apa kebutuhan atau keinginan dari kebanyakan wanita? Simpel saja, wanita ingin selalu ingin terlihat cantik, maka wanita pasti memiliki budget khusus atau setidaknya rela mengeluarkan uang untuk bisa tampil cantik. Produk yang dapat saya tawarkan haruslah menjawab keinginan wanita, maka saya putuskan untuk memilih kosmetik sebagai produk utama.

Langkah terakhir adalah menentukan media yang akan saya gunakan. Melihat perkembangan internet di Indonesia bahwasanya selain pengguna internet di Indonesia yang sangat besar, ternyata Indonesia juga merupakan negara pengguna facebook terbesar keempat di dunia. Atas dasar itulah saya memutuskan menggunakan facebook sebagai media promosi utama bisnis kosmetik selain website. Alhamdulillah, saat ini bisnis kosmetik yang saya jalani bisa memberikan penghasilan yang lebih dari cukup dan luar biasanya hampir 80% customer diperoleh melalui facebook, sekitar 15% dari web, dan sisanya offline (kios).

Sekian sharing bisnis yang dapat saya berikan pada postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk anda semua yang telah berkunjung ke blog sederhana saya ini.

Leave a Reply