Peluang Bisnis Online: Jasa Menulis Artikel Untuk Web

menjadi penulis konten webAda begitu banyak peluang bisnis online yang dapat digali dan dimaksimalkan untuk mendapatkan penghasilan dari aktivitas di Internet. Salah satu peluang yang dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan, baik sebagai penghasilan sampingan atau penghasilan tambahan, adalah dengan membuka jasa penulis konten untuk web atau toko online. Profesi yang lebih populer dengan sebutan content writer ini sebenarnya menarik untuk digarap jika saja kita mengetahui potensi besar yang ada dibaliknya.

Menjadi seorang content writer tidak membutuhkan banyak modal atau keahlian yang bermacam-macam kecuali beberapa hal sederhana saja, yaitu suka membaca, bisa membuat tulisan, dan bisa mengetik. Alasan pertama sebetulnya sederhana saja, dengan suka membaca seorang content writer akan memiliki wawasan lebih luas. Lebih-lebih lagi bila ia bisa memahami, walau sedikit, isi sumber bacaan yang ia baca.

Alasan kedua membuat tulisan, jelas ini adalah tugas utama seorang content writer. Namanya juga sudah jelas, content writer atau penulis konten (web). Dan yang terakhir bisa mengetik juga sudah jelas, masa iya seorang content writer mau mengirimkan hasil tulisannya dalam bentuk tulisan tangan pada customer. Oh iya, satu lagi yang hampir terlupa, tidak gagap internet. Kan tidak mungkin juga seorang content writer mengirimkan hasil tulisannya melalui kurir/pos.

Lantas seberapa besar sih potensi penghasilan seorang penulis konten web (content writer)? Kecil besarnya potensi penghasilan dengan membuka jasa menulis artikel untuk web atau toko online dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor pertama adalah harga yang berlaku dipasaran. Dari mana kita bisa cek harga pasaran? Saya berikan 2 cara paling mudah. Pertama adalah cek di forum online tempat para blogger, internet marketer, dan publisher berkumpul, dan yang saya sarankan adalah forum Ads.id. Kedua adalah dengan googling dan lakukan komparasi harga yang dipasang oleh masing-masing penyedia jasa. Harga ini juga dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain jumlah kata, kemampuan penempatan SEO On Page, bahasa yang digunakan (Inggris atau Indonesia), dan masih ada beberapa faktor lainnya.

Faktor kedua yang memberikan pengaruh terhadap kecil besarnya penghasilan penulis konten web adalah seberapa banyak orderan customer yang dapat ditangani. Tentunya akan berbeda antara seorang content writer yang mampu menghasilkan 1 tulisan perhari dengan 5 tulisan perhari (dengan kualitas yang sama bagusnya). Bila rata-rata customer membutuhkan 10 artikel tiap sekali order, maka penulis konten pertama hanya dapat menangani 3 orang customer tiap bulannya, sedangkan penulis konten kedua dapat menangani hingga 15 customer tiap bulannya.

Oke, biar semakin tergambar saya akan berikan ilustrasi. Bila sehari seorang penulis konten mampu mengerjakan 5 artikel yang mana masing-masing artikel memiliki panjang 400-an, maka dalam sebulan (asumsi 30 hari) ia bisa menghasilkan 150 artikel. Anggaplah untuk membuat satu artikel dibutuhkan waktu sekitar 30 menit, maka untuk membuat 5 artikel dalam sehari hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Harga artikel bahasa Indonesia dengan panjang 400 kata dipasaran adalah sekitar Rp 10.000. Kita asumsikan seluruh artikel yang dibuat tadi (150 artikel) semuanya laku, maka nominal uang yang akan dihasilkan adalah Rp 1.500.000 hanya dengan bekerja 2,5 jam perhari. Apakah bisa lebih? Tentu bisa! Buat lebih banyak artikel atau naikkan harga jual per artikelnya. Ada beberapa vendor yang mengklaim bahwa kualitas artikel mereka di atas rata-rata berani memberikan harga 20-30% lebih mahal dibandingkan harga pasaran, dan mereka punya banyak pelanggan setia.

Bagaimana, apakah anda tertarik menggarap peluang bisnis online yang unik ini?

Leave a Reply