Jangan Berhenti Belajar

Jangan pernah berhenti belajar karena disaat kita memutuskan untuk berhenti belajar disaat itu pula kita memutuskan untuk tidak memiliki bekal dalam menghadapi setiap perubahan yang akan menghampiri kita.

jangan pernah berhenti belajar

Dulu sebelum memiliki Zalfa (produk skin care kami), saya dan istri fokus menjualkan produk orang lain. Mudah memang dan omsetnya juga sangat-sangat menggiurkan. Saat itu akhir 2011 saya dan istri belum mengenal FB Ads (atau jangan-jangan memang belum ada??). Hanya bermodal 2 akun FB personal, meraih omset 2 M dalam 6 bulan dari jualan produk kecantikan sangat-sangat mudah.

Namun justru disaat itulah saya melakukan kesalahan fatal. Berhenti belajar. Saya hanya fokus melakukan hal-hal teknis untuk meningkatkan omset hari demi hari. Lupa untuk meningkatkan kapasitas diri agar lebih siap dalam menghadapi setiap perubahan dalam dunia bisnis.

Sehingga ketika kami harus menerima kenyataan pahit bahwa produk yang kami jual ternyata mengandung bahan-bahan berbahaya dan kami harus memutuskan untuk menghentikan penjualannya pada pertengahan 2012, semua terasa gelap. Yang tadinya ratusan juta perbulan menjadi 0.

Ketika kami memutuskan untuk memulai berjualan lagi (produk lain), seakan-akan kami menjadi pemula lagi, Ga tau bagaimana caranya, ga tau gimana memulainya dengan benar. Karena semua telah berubah. Disanalah kami baru menyadari kesalahan fatal yang telah kami lakukan. Berhenti belajar dan meningkatkan kapasitas diri.

Tidak ada kata telat untuk mulai belajar hal-hal yang baru. Alhamdulillah, bermula dengan mencari komunitas yang sesuai (saya bersyukur dipertemukan dengan komunitas bisnis TDA wilayah Bogor Raya), kami yang dulunya hanya tau jualan, kini sudah sedikit paham untuk berbisnis dan cukup percaya diri untuk memiliki merk sendiri.

Sedikit saran dari saya yang pemula ini, jangan pernah berhenti belajar dan puas dengan capaian saat ini. Ketika kita memutuskan untuk berhenti belajar dan meningkatkan kapasitas diri, maka disaat itu pula kita memutuskan untuk siap digilas perubahan yang akan datang dikemudian hari.

Leave a Reply