Cara Menggunakan Twitter Untuk Bisnis Online Bagi Pemula

Cara Menggunakan Twitter Untuk Bisnis Online Bagi PemulaCara menggunakan twitter untuk bisnis online bagi pemula menarik untuk dibahas secara mendalam terutama bagi anda yang baru saja memutuskan untuk fokus menekuni bisnis online. Twitter merupakan salah satu platform media sosial yang populer dan banyak digunakan saat ini. Tidak hanya digunakan oleh personal, tidak sedikit juga perusahaan atau pemilik brand besar yang menggunakan twitter sebagai salah satu media untuk berinteraksi dengan masyarakat dalam menjalankan bisnisnya.

Salah satu keunggulan twitter adalah keaktifan dan keterikatan para pengguna terhadap media ini. Sudah menjadi rahasia umum bahwa terdapat perbedaan besar antara karakter ‘aktivis’ twitter dengan ‘aktivis’ facebook misalnya. Dalam urusan lain semisal sosial bahkan politik, twitter merupakan salah satu media yang efektif untuk menggiring opini masyarakat. Oleh karena itu tidak salah bila banyak perusahaan besar dan pemilik brand menggunakan twitter untuk menunjang aktivitas bisnis mereka terutama seputar branding. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa cara menggunakan twitter untuk bisnis online bagi pemula.

5 Tips Cara Menggunakan Twitter Untuk Bisnis Online

1. Pemilihan Nama yang Sesuai

Nama di twitter terbagi menjadi dua, nama tampilan (display name) dan nama pengguna (username). Display name adalah nama yang ditampilkan untuk akun anda. Sedangkan username adalah URL twitter anda (@Username). Display name bisa saja sama antara akun yang satu dengan akun yang lainnya, sedangkan username bersifat unik, hanya dimiliki oleh satu akun. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memilih username yang tepat untuk bisnis online anda. Username bisa sesuai dengan merk bisnis anda (@NamaBrand) atau bisa juga yang berhubungan dengan kata kunci seputar bisnis anda (misal @TipsCantik). Patut diketahui, username terbatas hanya untuk 15 karakter (huruf, angka dan _ )

2. Profil yang Relevan

Setelah memilih nama (display name dan username) yang sesuai untuk bisnis anda, langkah selanjutnya adalah membuat profil yang relevan dengan bisnis anda. Profil dalam twitter terdiri dari bio, avatar, dan background. Bio terdiri deskripsi singkat yang hanya memuat 160 karakter dan link. anda harus bisa memaksimalnya bio untuk memberi gambaran seputar toko/brand dan produk/jasa yang anda jual. Selain itu  anda juga bisa menyertakan link web anda. Adapun avatar memiliki fungsi yang sama dengan foto profil di facebook. Sedangkan background identik dengan cover atau foto sampul di facebook. Pastikan anda menggunakan avatar dan background yang sesuai dengan bisnis anda.

3. Buat Konten Unik

Setelah anda memilih nama dan membuat profil, sampai disitu anda sudah memiliki akun twitter untuk bisnis anda. Langkah selanjutnya adalah mulai untuk membuat tweet. Buatlah tweet yang informatif dan relevan dengan bisnis anda. Meskipun anda berbisnis, bukan berarti setiap tweet berisi tentang jualan. Gunakan prinsip pareto 80:20, 80% tweet informatif, 20% tweet jualan. Gunakanlah gaya bahasa anda sendiri sehingga anda akan terlihat lebih luwes/fleksibel dalam berbagi informasi.

4. Menjalin Interaksi

Hal yang tidak jarang dilupakan oleh pebisnis online yang memanfaatkan jejaring sosial adalah tidak memperhatikan pola komunikasi dari media yang digunakan. Tidak boleh sampai kita lupakan, bahwa tujuan utama calon konsumen menggunakan media jejaring sosial adalah untuk bersosial di dunia maya. Mereka menginginkan interaksi dengan sesama manusia. Oleh karena itu, bila anda menggunakan twitter sebagai salah satu media pendukung bisnis online anda, rajin-rajinlah berinteraksi dengan follower anda atau dengan akun-akun lain, entah dengan retweet, mention, atau share informasi dari web ke timeline anda.

5. Promosikan Akun Menggunakan Buzzer

Agar produk atau jasa yang anda jual dapat laku, maka akun anda perlu dikenal oleh orang banyak. Maka anda harus mempromosikan akun anda secara masif. Salah satu kekurangan twitter saat ini bila dibandingkan facebook adalah belum tersedianya media beriklan dan anda belum bisa memetakan target calon konsumen anda. Nah salah satu solusi yang dapat anda gunakan untuk mempromosikan akun twitter bisnis anda adalah dengan menggunakan jasa buzzer. Anda dapat mencari akun-akun publik yang memiliki follower banyak dan interaksi yang cukup aktif dari para follower-nya (bisa dilihat dari tingkat retweet tiap tweet nya) dan kemudian membayar mereka untuk mempromosikan produk atau jasa atau bahkan hanya sekedar akun anda saja. Bila anda merasa kesulitan untuk mencarinya, anda dapat menggunakan situs Sociabuzz.com. Situs ini semacam marketplace yang mempertemukan para buzzer (pemilik akun yang siap mempromosikan akun/produk/jasa anda) dengan para pengiklan (pemilik produk atau jasa seperti anda). Disana juga anda dapat melihat berapa biaya sekali buzz atau sekali tweet untuk masing-masing buzzer.

Demikianlah 5 tips cara menggunakan twitter untuk bisnis online bagi pemula. Satu hal yang tidak kalah penting adalah belajar untuk fokus dan disiplin. Karena pada umumnya kegagalan dalam memanfaatkan media online untuk sebuah bisnis dimulai dari tidak fokus dan tidak disiplinnya si pemilik bisnis. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply