Cara Menggunakan Facebook Untuk Bisnis Online

Cara Menggunakan Facebook Untuk Bisnis OnlineCara menggunakan facebook untuk bisnis online adalah hal yang menarik untuk dibahas, terutama bagi anda yang berminat dan berniat fokus di bisnis online. Pada artikel sebelumnya yang membahas cara memulai bisnis online tanpa modal, sempat saya singgung sedikit mengenai facebook yakni pada poin pembahasan mengenai channel penjualan. Ya, kini facebook lebih dari sekedar jejaring sosial, tetapi juga telah menjelma menjadi salah satu media untuk berjualan online yang efektif. Oleh karena itu sayang sekali bila seorang pebisnis online masih belum memanfaatkan facebook sebagai salah satu media untuk memantapkan bisnis online anda.

Menggunakan facebook untuk bisnis online sebenarnya bukanlah tanpa alasan. Facebook adalah salah satu situs web yang paling banyak dikunjungi oleh seluruh manusia pengguna internet di muka bumi selain google. Setelah google dan facebook, ada youtube sebagai situs web yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet. Besarnya potensi facebook tidak hanya dari hal tadi. Bila kita mau lihat dari sisi jumlah atau kuantitas pengguna, berdasarkan statistik dari SocialBakers.com, Indonesia tercatat sebagai pengguna facebook terbesar ke 4 setelah Amerika Serikat, India, dan Brazil dengan total pengguna mencapai perkiraan angka 80 juta orang (terlepas dari asli atau tidaknya akun atau apakah satu orang mewakili satu akun atau lebih banyak). Dari sisi distribusi umur, yang mendominasi penggunaan facebook di Indonesia adalah umur 18-24 tahun dan 24-35 tahun. Apakah sampai disini anda sudah bisa melihat betapa potensialnya facebook untuk bisnis online anda?

2 Penggunaan Utama Facebook Untuk Bisnis Online Anda:

1. Facebook untuk Pemasaran ritel

Penggunaan facebook untuk pemasaran ritel bisa jadi hal yang sering kita jumpai saat ini. Saya pribadi pun menggunakan facebook untuk memasarkan produk-produk yang saya jual. Begitu pula dengan karyawan-karyawan saya. Saya menggunakan akun pribadi dan fanspage sebagai saluran penjualan produk-produk saya. Secara resminya facebook sebenarnya memberikan ruang untuk bisnis bagi penggunanya, yaitu dengan memanfaatkan fanspage. Facebook juga menyediakan fasilitas iklan yang dikenal dengan nama FB Ads bagi para pelaku bisnis untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan bisnisnya menggunakan facebook.

Bila kita ingin menggunakan akun pribadi untuk bisnis online anda, maka ada beberapa hal yang perlu kita lakukan. Pertama, pastikan kita hanya berteman dengan orang-orang yang berpotensi untuk menjadi konsumen kita. Kedua, pastikan kita membuat postingan pada jam-jam premium, yakni waktu dimana calon konsumen kita memang sedang memantau facebooknya dengan santai. Ketiga, perhatikan postingan anda, jangan campur adukkan urusan pribadi dan mencurahkannya pada postingan di akun jualan anda.

2. Facebook Untuk Branding

Penggunaan facebook untuk bisnis online selain untuk pemasaran ritel juga dimanfaatkan untuk branding. Facebook merupakan media online yang memiliki pengguna paling banyak di dunia. Oleh karena itu tidak salah bila pemilik merk besar juga menggunakan facebook sebagai salah satu media mereka untuk branding produknya. Seperti kita lihat bagaimana brand-brand besar menggunakan facebook sebagai media brandingnya. Contohnya, Cocacola, Oreo, Ponds, McDonald, dan masih banyak lagi. Brand-brand tersebut menggunakan facebook untuk branding, juga sebagai channel untuk menjalin komunikasi dengan para fans dan konsumennya.

Demikianlah sharing singkat dari saya tentang cara menggunakan facebook untuk bisnis online. Kedepannya saya akan coba berbagi hal-hal lain seputar tips bisnis, peluang usaha, bisnis online, dan internet marketing. Mudah-mudahan saya diberi kesempatan untuk merealisasikannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply