Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

cara memulai bisnis online tanpa modalCara memulai bisnis online tanpa modal, adakah? Mungkin dianggap oleh sebagian orang sebagai sesuatu yang mustahil atau omong kosong. Oke, bagaimana kalo saya bilang “memulai bisnis online dengan modal yang minim?” Saya rasa ini lebih realistis. Bagaimanapun pasti akan ada modal yang keluar untuk memulai bisnis online, setidaknya untuk onlinenya, entah di warnet, atau menggunakan modem (paket data), ya kan?

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi mengenai memulai bisnis online dengan modal yang minim sekali. Harapan saya, artikel ini bisa menjadi inspirasi untuk rekan-rekan semua yang sudah meluangkan waktu membaca tulisan sederhana saya ini. Tulisan ini saya buat berbekal pengalaman saya sendiri ketika awal pertama kali memulai bisnis online. Modal yang saya gunakan untuk bisnis online di awal-awal hanyalah untuk internetan di warnet sekitar kampus IPB Dramaga, dengan biaya hanya Rp 2000 perjam. Ya, modal saya sangat-sangat minim, bahkan saya tidak ragu untuk mengatakan bahwa saya memulai bisnis online tanpa modal.

3 Kunci Sukses Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

1. Produk yang dijual

Faktor pertama yang menjadi kunci kesuksesan dalam memulai bisnis online tanpa modal adalah anda harus menentukan produk yang akan anda jual. Nah, berhubung disini kita membahas bagaimana berbisnis online dengan modal yang seminim-minimnya, maka untuk masalah produk ini tidak disarankan produk yang harus anda produksi sendiri, bahkan sebisa mungkin kita tidak perlu menyetok produknya. Ya, sebisa mungkin kita hanya menjadi broker, perantara, reseller atau apapun sebutannya dan berjualan dengan sistem dropship. Pastikan juga produk yang anda jual adalah produk yang memiliki pasar atau peminat yang jelas. Jangan sampe produk yang anda jual belum jelas pasarnya, atau dengan kata lain anda harus bersusah payah untuk mengenalkan produk dan mengedukasi pasar. Semakin produk tersebut terkenal dan banyak peminatnya, semakin cepat pula kita mendapatkan cashflow.

Dulu ketika memulai bisnis online, saya awal mulanya berjualan produk kosmetik. Ya kosmetik. Mungkin ada diantara anda yang bertanya-tanya, mengapa kosmetik? Jawabannya sederhana saja, karena peminatnya banyak. Bahkan buanyak pake bingits, hehehe… Padahal disaat yang sama saya juga punya produk lain yang saya produksi sendiri (dengan kakak saya), yakni cokelat praline. Tapi ya tadi, produk kosmetik lebih pas untuk dijual online pada saat itu dan peminatnya buanyak bingits. Selain itu saya juga berjualan modem. Alasannya juga ga jauh beda, peminatnya yang mulai banyak karena saat itu penetrasi internet sedang kenceng-kencengnya. Disisi lain, harga laptop dan PC mulai menurun sehingga lebih banyak masyarakat yang mulai memiliki laptop dan PC.

2. Supplier produk

Faktor kedua yang menjadi kunci sukses anda adalah faktor supplier produk. Ada apa dengan supplier produk? Supplier produk memegang peranan dalam hal ketersediaan dan harga produk. Oleh karena itu, anda harus usahakan sebisa mungkin mendapatkan supplier produk yang bagus dalam ketersediaan barang (selalu ready stok atau selalu update mengenai kondisi stok) dan memberikan harga yang kompetitif.

Alhamdulillah, dulu saat memulai bisnis online dengan produk kosmetik, saya mendapatkan supplier yang menurut saya sangat ideal. Dari sisi harga, dia memberikan harga yang sangat-sangat rendah sehingga saya bisa memperoleh margin lumayan besar. Kemudian dari sisi stok barang dia relatif lengkap dan hampir selalu ready stok. Pun bila memang stok ada yang kosong, dia yang aktif memberikan informasi. Sehingga saya sebagai resellernya merasa sangat terbantu.

3. Channel berjualan

Nah faktor ketiga yang juga akan menentukan sukses tidaknya anda berjualan online adalah channel yang akan anda gunakan untuk berjualan. Anda dapat memaksimalkan berbagai channel yang tersedia untuk memulai bisnis online anda. Anda dapat menggunakan facebook, twitter, blog, web toko online, marketplace (dinomarket, tokopedia, bukalapak, berniaga, olx, indonetwork), bahkan youtube. Bagaimana menentukan channel yang tepat? Simpelnya, coba aja semuanya dulu. Liat mana yang paling efektif menghasilkan prospek (orang yang nanya-nanya).

Nah, jujur saja, dulu saya hanya memanfaatkan blogspot yang menggunakan custom domain dari penyedia domain gratisan. Saya tidak menggunakan facebook atau yang lainnya yang saya sebut di atas tadi. Saya membuat review dari produk kosmetik yang saya jual dipadukan dengan informasi-informasi tambahan yang saya dapat dari internet. Bahkan saya juga mencari artikel-artikel dari jurnal ilmiah karena saya ingin memberikan informasi mengenai komposisi produk yang saya jual. Dengan bermodalkan itu semua (yang hampir semuanya gratis kecuali untuk bayar warnet), di tahun 2009 blog saya bisa nangkring di halaman satu google (.com dan .co.id) untuk kata kunci yang saya targetkan (kata kunci terkait produk). Padahal saat itu yang menjual produk yang sama begitu banyak bin bejibun dan sudah pada pake web dan domain tld (kalo sekarang domain gratisannya udah pada dilibas google).

Saya rasa, bagi anda yang benar-benar baru terjun memulai bisnis online, 3 faktor di atas adalah cara memulai bisnis online tanpa modal atau minim modal yang paling saya anjurkan. Jangan lupa pada habbits mendasar yang menjadi rahasia sukses, fokus dan disiplin. Bila nanti telah menghasilkan, jangan ragu untuk berinvestasi ilmu dan menggunakan tools-tools berbayar. Namun pastikan anda memilih sesuatu yang memang anda butuhkan untuk bisnis online anda bukan yang sekedar anda inginkan atau anda rasa menarik. Kalo boleh, saya ingin merekomendasikan beberapa online course yang dapat mendukung bisnis online anda. Mengapa saya rekomendasikan? Ya karena saya sendiri sudah mencobanya dan terbukti sangat membantu bisnis online saya.

Untuk anda yang ingin bisnis online mazhab twitter, saya sangat merekomendasikan online course-nya mas Agus Sakti. Online course ini berisi video yang akan membantu anda bagaimana jualan yang efektif memanfaatkan dan mengoptimalkan twitter. Info lengkapnya bisa mengunjungi link ini >> OLShopMarketing <<

Untuk anda yang ingin sukses bisnis online mazhab facebook gratisan, izinkan saya untuk merekomendasikan online course nya om Yusuf Hadi “Shembah Brokerpreneur” yang namanya FBDomination. Asli ini adalah cara jualan di FB yang mungkin sebelumnya ga kepikiran untuk kita. Saya sudah mempraktekkannya dan mengajarkannya pada karyawan-karyawan saya. Info lengkapnya silahkan kunjungi link ini >> FBDomination <<

Nah untuk anda yang ingin menjajal gurihnya jualan online memanfaatkan youtube, om Yusuf Shembah juga punya produk lain. Silahkan gali lebih dalam di >> YoutubeDomination <<

Nah, rekomendasi saya yang terakhir adalah untuk anda yang ingin menggunakan blog atau web sebagai sarana berbisnis online, SEO hal yang harus anda kuasai. Tidak sedikit yang menganggap SEO adalah hal yang rumit, padahal tidak selalu benar. Saya merekomendasikan online course yang akan membuat anda mengubah tentang rumitnya SEO. Mengapa? Karena online course ini akan memaparkan materi-materi SEO yang benar-benar sangat mudah. Silahkan cari informasinya di >> SEO Guru Ganteng <<

Leave a Reply