Ada Uang di Dalam List Kontak Kita

Pada postingan ini saya coba untuk share sedikit pengalaman bagaimana memaksimalkan daftar kontak (list) yang telah dimiliki dan menjadikannya sebagai pendongkrak omset bisnis hingga berkali-kali lipat. Sebenernya secara singkat bahasan ini sudah sedikit diterangkan pada postingan saya beberapa waktu lalu yang berjudul “Kisah si Jomblo Pengusaha“. Kisah tersebut kisah nyata dari salah satu teman baik saya yang juga merupakan salah satu mentee di kelompok mentoring bisnis yang saya kordinir.

Dengan memaksimalkan dan mengoptimalkan semua komponen data kontak yang ia miliki, teman saya itu berhasil meningkatkan omset dan profit bisnisnya 2x lipat. Tanpa perlu meningkatkan biaya iklan, tanpa perlu mencoba-coba saluran penjualan baru, dia berhasil meningkatkan pendapatannya. Buat saya, dia berhasil membuktikan bahwa memang “The Money is in The List”.

money is in the list

Istri saya pun merasakan hal yang sama. Dia lagi seneng-senengnya ketika menyadari bahwa ada lebih dari 800an data kontak pelanggan lamanya yang terendap di salah satu gadget yang rusak. Beruntungnya data tersebut ter-sinkron dengan email, sehingga data kontak tersebut tetap bisa digunakan sekalipun gadgetnya mati total. Data tersebut mencakup data end user, reseller, dan agen yang pernah menjadi mitra bisnis istri saat masih jadi distributor produk orang lain.

Hitung-hitungan kasar kami, andai dari 800 orang tadi kami tawari produk yang kami pasarkan saat ini dan sepuluh persennya konversi, sedikitnya kami punya 80 konsumen, hanya bermodal broadcast BBM atau WA. Andai (lagi) masing-masing belanja 200ribu rupiah saja, maka istri saya bisa mendapatkan omset 16juta hanya dengan mengulik data kontak pelanggan lamanya. Belum lagi bila mereka repeat order atau justru upgrade menjadi mitra bisnis kami (agen atau reseller), bisa dilihat sendiri betapa besar potensi dari daftar kontak bila kita serius mengoptimalkannya.

Udah ah itu dulu, bingung mau nulis apa lagi. Maklum, baru belajar ngeblog lagi soalnya 😀

Leave a Reply